Sunday 13 October 2013

Bim salabim ada kadabra, jadilah Matematika!! #Episode 1

Assalamualaikum wr,wb
Para teman-temanku yang saya sayangi. Tidak terasa sekarang kita sudah berada di penghujung acara. Pada kesampatan kali ini izinkanlah saya untuk mempertunjukan sebuah sulap matematika. Dimana saya membutuhkan 2 orang sukarelawan untuk maju ke atas panggung dan melemparkan saya ke arah penonton. Eeh, salah. Hahaha

Mungkin teman-teman sering melihat di televisi dan mendengarkan kata-kata itu yang sering diucapkan oleh para pesulap atau badut di ulang tahun. Nah! Pada saat ini saya akan membahas tentang sulap. Yup, tepatnya sulap ala matematika.

Teman-teman pasti kenalkan sama deddy corbuzier yang kepalanya botak atau joe sandy yang pake kaca mata?*ups, semoga om deddy ga baca*
Nah, sekarang saya akan mengupas kembali secara tuntas dan setajam golok buat teman-teman tercinta mengenai sulap dan trik untuk melakukan sulap ala matematika ini.
Langsung saja ya untuk mengefisienkan waktu.

1.     #Joe Sandy episode 1
  • Cara Bermain
Cetak gambar di samping ini dan berikan kepada teman sobat.
Kemudian minta teman sobat memilih satu bilangan dari setiap kolom dan menuliskan bilangannya di kotak yang sudah disediakan. 
Untuk menambah kesan supaya lebih sulit, sobat dapat mengatakan kepada teman sobat " Karena ada 6 pilihan bilangan untuk setiap kolom dan ada 5 kolom maka ada total enam pangkat 5 kemungkinan atau ada 7.776 kemungkinan kombinasi bilangan yang dapat dibentuk. Jadi, tidak mungkin kita menghafalkan jumlah dari ribuan kombinasi tersebut. "
  Selanjutnya mintalah teman sobat tersebut untuk menjumlahkan kelima bilangan tersebut dengan kalkulator, kemudian tuliskan hasilnya di kotak " Total ".
Lalu mintalah teman sobat untuk menyebutkan satu persatu bilangan yang telah teman sobat pilih dari kolom A hingga kolom E kepada sobat.
  • Trik
Sebenarnya teman-teman tidak usah mengitung kelima angka itu untuk mendapatkan hasilnya. Teman-teman hanya menjumlahkan angka terakhirnya saja ( dari kelima bilangan itu ). Kemudian dikurangi 50. Lalu, bilangan yang sudah dijumlah ditaruh di depan dan yang telah dikurangi 50 ditaruh di belakang.
Sebagai variasi, teman-teman dapat mengatakan kepada penonton bahwa teman-teman sudah menghafal setiap bilangan di setiap kolom dan penonton ( sahabat teman-teman ) cukup menyebutkan angka terakhir dari setiap bilangan yang telah di pilih. Lalu, berikan hasil penjumlahannya kepada mereka ( sahabat teman-teman ) dengan cepat, dan buat teman sobat terkejut.
  • Contoh 
Penonton memilih bilangan 69 ( Kolom A ), 147 ( Kolom B ), 186 ( Kolom C ), 377 ( Kolom D) dan 459 ( Kolom E ).
Dengan menggunakan trik diatas anda cukup menjumlahkan angka terkahir dari kelima bilangan tersebut, yakni 9 + 7 + 6 + 7 + 9 =   38. Lalu, kurangi 50 dengan 38 = 12, Sandingkan kedua bilangan tersebut, menghasilkan 1238. Jadi, 69 + 147 + 186 + 377 + 459 = 1238.

2. #Joe Sandy episode 2
Pada sulap kali ini joe sandy membuat kotak atau tabel berukuran 4x4, dimana yang jika dijumlahkan :
  • Secara vertikal 
  • Secara horizonta
  • Secara diagonal 
  • 4 angka di masing-masing pojok
  • 4 angka di tengah
Semua akan menghasilkan angka yang sama.
Berikut ini adalah rumusnya. Silahkan dihapal jika ingin mempraktekan dengan teman-teman anda.
Penjelasan :
Untuk nilai A B C D, silahkan teman-teman tentuin sendiri. Sesuaikan dengan total penjumlahan yang diinginkan.
Contoh :
angka patokannya adalah 56, A= 12 B= 18 C=20 D=6, sedangkan untuk kolom berikutnya teman-teman tinggal mengikuti rumusnya, jangan sampai salah yaa. Kalau penasaran liat tabel ini jawabannya ->

Selamat mencobaa.
Oh iya, trik ini ada persyaratannya. Ini syaratnya :
  • Angka total penjumlahan boleh anda pilih sendiri 
  • Tidak boleh ada dua angka yang sama muncul dalam tabel.
  • Dalam melakukannya, anda tidak boleh menggunakan dua angka total penjumlahan  yang sama dan  berturut-turut
  • Pembulatan dalam penghitungan waktu cukup satu angka di belakang koma, tidak termasuk waktu saat membuat tabel 4x4
3, #Joe Sandy Episode 3
Pada sulap Joe Sandy yang sekarang yaitu dimana sulap ini menggunakan dadu untuk memainkannya. Sulap ini pernah ia gunakan saat pembukaan “The Master 3”
Ditranslasikan dan dikembangkan dari Magic Symbols oleh Wiku Pulangasih the Online Magician.
  • Effects : Dengan mata tetutup dan perhitungan matematis, anda bisa menebak angka 3 dadu yang dilemparkan oleh seseorang
Prosedur :
Di awal show, katakan apabila anda menebak angka satu buah dadu yang dilemparkan, dan tebakan anda benar, itu adalah sebuah kebetulan. Jika anda menebak angka dua buah dadu yang dilemparkan, dan tebakan anda benar, itu memang sedikit mengesankan, tapi orang masih akan menganggapnya kebetulan. Oleh karena itu, katakanlah bahwa anda akan menebak angka 3 buah dadu dengan mata tertutup dan perhitungan matematis.

Panggil seorang sukarelawan dan suruh ia melemparkan 3 buah dadu . Misal dadu pertama 3, dadu kedua 6, dan dadu ketiga 4.
  • Suruh ia mengalikan angka pada dadu pertama dengan angka 2 -> (3 x 2 = 6) 
  • Tambah angka taersebut dengan 5 ->  (6+5=11) 
  • Kalikan 5 angka tersebut ->  (11 x 5 = 55) 
  • Suruh ia menambahkannya dengan angka pada dadu kedua -> (55 + 6= 61) 
  • Kalikan 10 ->  (61x10 = 610) 
  • Tambahkan dengan angka pada dadu ketiga -> (610+4=614)
Minta sang sukarelawan menyebutkan angka total yang ia peroleh. Yang harus anda lakukan, kurangilah angka tersebut dengan 250 untuk mengetahui angka dadu yang dilemparkan sang sukarelawan. Dalam kasus ini, 614-250 = 364. Berarti dadu pertama bernilai 3, dadu kedua bernilai 6, dan dadu ketiga bernilai 4. Hahaha ternyata mudah kan kawaan?

4, #Joe Sandy part 4
Sulap inilah yang digunakan oleh Joe Sandy saat final dengan menggunakan trik Mathematics Extreme Prediction yang Diciptakan oleh Wiku Pulangasih "the Online Magician"
  • Effects : Anda bisa membuat prediksi 5 baris penjumlahan saat baris pertama baru selesai ditulis. Baris angka-angka di baris ke-1, 2, dan 4 ditulis secara acak oleh orang lain, sedangkan anda menulis angka-angka di baris ke-3 dan ke-5
Prosedur :
Minta seorang penonton untuk maju dan menentukan berapa digit angka yang akan digunakan dalam permainan (mulai dari 2 digit hingga tak terhingga). Misalkan, penonton memilih 5 digit angka. Katakan bahwa anda dan sang sukarelawan akan bermain dengan 5 baris penjumlahan.
Suruh sang sukarelawan menulis 5 digit angka secara acak. Setelah selesai, katakan bahwa anda mampu memprediksi hasil penjumlahan, walaupun belum semua baris ditulis.

*Cara membuat prediksi*
  • Jika angka terakhir pada baris pertama lebih besar dari 1, maka kurangi digit terakhir dengan 2, dan tulis angka 2 di depan digit pertama. Contoh, sukarelawan menulis 85349 maka prediksi yang anda buat adalah 285347 
  • Jika angka terakhir pada baris pertama lebih kecil dari 2, maka kurangi digit terakhir dengan 2, kurangi digit kedua dari belakang dengan 1, dan tulis angka 2 di depan digit pertama. Contoh, sukarelawan menulis 32330, maka prediksinya adalah 32328. Jika sukarelawan menulis 48961, maka prediksinya adalah 248959. Tulis hasil prediksi dan masukkan ke selembar amplop. 
  • Minta orang lain menuliskan lagi 5 digit angka di bawah baris pertama. Misal orang tersebut menulis 73690. 
  • Sekarang, anda akan menulis angka di baris ketiga. Yang harus anda cermati adalah angka di baris kedua. Anda harus menuliskan angka-angka di baris ketiga yang apabila per digitnya dijumlahkan dengan angka-angka di baris kedua hasilnya 9. Contoh, baris kedua angkanya 73690. Maka di baris ketiga anda menulis 26309.
  •  Minta lagi orang lain untuk menulis lima digit angka di baris keempat. Misal, orang itu menulis 39725. 
  • Katakan bahwa anda akan menulis 5 digit angka di baris kelima (terakhir). Prinsipnya sama, yang harus anda cermati adalah angka di baris keempat. Anda harus menuliskan angka-angka di baris kelima yang apabila per digitnya dijumlahkan dengan angka-angka di baris keempat hasilnya 9. Contoh, baris kedua angkanya 39725, maka di baris kelima anda menulis 60274.
Minta penonton lain menghitung kelima baris penjumlahan. Suruh ia menuliskan hasilnya, dan bukalah prediksi anda di dalam amplop. Hasilnya pasti sama!
Di akhir permainan anda bisa berkata, "Ada 3 kemungkinan yang membuat saya bisa menciptakan prediksi ini. Kemungkinan pertama, saya bisa berhitung dengan sangat cepat, sedangkan kemungkinan kedua adalah saya bisa meramalkan masa depan. Kemungkinan ketiga, saya bisa menghitung dengan sangat cepat dan meramalkan masa depan!"
mungkin akan terlihat sulit jika dimainkan sendiri! Tapi, berusahalah terlebih dahulu,
Dan selamat mencoba . .

5 , Menebak Angka
Banyak orang khususnya teman-teman saya sangat membenci matematika. Setelah saya bertanya-tanya ternyata banyak dari mereka membenci matematika karena banyak rumusnya. Oke dari pada asik mikir rumus matematika mending gunakan dalam permainan. Oke langsung aja ya Permainan ini memerlukan media kartu yang telah berisi angka-angka. Dengan berperan sebagai seseorang yang bisa menerima telepati dari orang lain, Anda akan menunjukkan kekuatan pikiran Anda.
Caranya ;
Mintalah teman Anda memikirkan sebuah bilangan antara 1 sampai 63.
Kemudian tunjukkan 6 (enam) buah kartu ini kepadanya dan tanyakan apakah angka yang dipikirkannya terdapat pada kartu yang Anda tunjukkan satu persatu?
Apabila ada, harap diingat baik-baik kartu yang disebutkannya mengandung angka yang dipikirkan teman Anda.
Setelah kartu terakhir ditunjukkan,Anda dapat mengetahui bilangan yang dipikirkan teman Anda
Kartu-kartunya adalah ;
Simulasi ;
Teman Anda misalkan memikirkan angka 36.
Tentunya ketika Anda menunjukkan kartu 1-6 satu persatu, ia akan menyatakan bahwa angka yang dipikirkannya ada pada kartu no. 3 dan 6, sedangkan pada kartu yang lain tidak ada. Dari pernyataannya tersebut, kita sudah tahu bahwa angka yang ada dipikirannya adalah 36.
Kuncinya;
Kuncinya adalah angka pertama pada kartu.
Contoh apabila dikatakan bahwa angka yang ada dipikirannya teman Anda hanya ada pada kartu no.3 dan 6. Maka pada kartu tersebut angka awalnya adalah 4 dan 32. Sehingga apabila dijumlah = 24 yang merupakan angka dari pikiran teman Anda. Mudah kan?
Selamat mencobaa..

Bagaimana teman-temanku? Menarik bukan sulap matematika diatas? Sebenarnya masih banyak sulap matematika yang lebih keren dan mengejutkan teman-teman semua. Tapi, berhubung ini udah 6 halaman dalam bentuk word. Jadi, akan saya berikan kembali pada postan saya berikutnya. Teman-teman bisa menggunakannya disela-sela pengajaran matematika kepada murid, adik, saudara atau orang utan di ragunan haha ga nyambung yak?:p

Okeeh nantikan sulap matematika part 2 dalam postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat yaa.
Byeee....
Wassalamualaikum

0 comments :

Post a Comment