Thursday 23 January 2014

Tahun 2013, kurikulum 2013.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Tahun 2013, kurikulum 2013? Hah masa sih?

Haloo teman-teman calon guru di Indonesia kalian sudah tahu kan tentang kurikulum baru yang berlaku di Indonesia? Yuuups, kurikulum 2013. Apa sih kurikulum 2013?? Nih simak penjelasannnya disini ....

"Kurikulum 2013 adalah sebuah kurikulum yang dirancang untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan dimasa depan mereka". Pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan merasa perlu menyiapkan kurikulum yang lebih mumpuni dibanding kurikulum sebelumnya. 

Beberapa alasan dikemukan oleh pemerintah dalam hal ini Mendikbud mengapa kurikulum 2013 perlu, salah satu diantaranya adalan bonus demografi. Bonus demografi merupakan sebuah keuntungan yang akan dimiliki oleh Indonesia dimasa yang akan datang, diperkirakan rentang tahun 2010 - 2035, dimana populasi manusia Indonesia memiliki jumlah usia produktif tinggi, sementara jumlah usia yang non produktif mencapai rendah. Bisa dibayangkan apabila pada masa ini jumlah yang produktif ini tidak produktif.

naah pemerintah membuat kurikulum ini pasti punya tujuan yang ingin dicapai. mau tau tujuannya?
ini  dia tujuan dari kurikulum 2013 yang diusung oleh pemerintah. 
Tujuan Kurikulum 2013 adalah untuk mempersiapkan insan Indonesia untuk memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara yang produktif, kreatif, inovatof dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia. Dijelaskan pula karakteristik kurikulum 2013 ini diantaranya adalah :
  • Isi atau konten kurikulum yaitu kompetensi dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) kelas dan dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
  • Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan (kognitif dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
  • Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu tema untuk SD/MI, dan untuk mata pelajaran di kelas tertentu untuk SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK.

naaah dari pada penasaran bagaimana mana sih pengajaran dengan kurikulum 2013, khususnya mata pelajaran matematika. niiih kita lihat dulu contoh RPP dan Silabusnya....
SMP/MTS  dan sederajatnya 

SMA/MAN dan sederajatnya

saya minta maaf jika dalam penulisan ini banyak kekurangan. semoga isinya bermanfaat untuk para calon guru di Indonesia.

billahi filsabililhaq, fastabiqul khairat.
wassalamualaikum....

terima kasih untuk :

0 comments :

Post a Comment